Home » , » Ingin Berubah? Ubah Pola Pikir Anda!

Ingin Berubah? Ubah Pola Pikir Anda!

Oleh: A.A. Danie | 2 Okt 2012 | 15.02


Suatu ketika, Nashruddin Hodja mengunjungi kawannya yang kaya dan berkata kepadanya, "Beri saya sejumlah uang."
"Untuk apa?" tanya teman kayanya itu.
"Saya mau membeli seekor gajah," jawab Hodja.
Mendengar jawaban itu, temannya memberi pendapat, "Kalau tidak punya uang, bagaimana kamu bisa merawat gajah?"
"Saya datang menemuimu untuk mendapatkan uang, bukan saran," kata Hodja.
Petikan di atas memang anekdot belaka, tapi kalau kita merenunginya dengan bijak, ada pelajaran yang disiratkannya.
Sesungguhnya, ada warning di sana: tidak ada yang bisa memberi jaminan akan keberhasilan Anda selain diri Anda sendiri. Jika Anda tertarik untuk membuat blog, "lakukan saja", walaupun itu bukan 'spesifikasi' Anda. Orang bijak berkata, "Cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut adalah segera melaksanakan apa yang ditakutkan itu". Ya, Anda harus melakukannya.
Ubahlah pola pikir Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa mencari mentor, namun suatu hal yang perlu dicamkan, mentor itu hanyalah sekadar fasilitator. Untuk berhasil, Anda sendirilah yang harus menjalaninya. Pikirkan dan jalanilah.
Berpikir bukanlah sesuatu yang tidak dapat berubah. Bahkan menurut Syahril Syam, seorang "Mind Programmer", cara berpikir hanyalah kondisi, seperti kondisi pikiran yang terjadi secara temporer, yang dapat dibentuk, dikendalikan, diubah, bahkan dapat diprogram, atau  menurut Adi W. Gunawan, ia dapat "di-install ulang".
Dalam buku The Secret of Attractor Factor, Syahril Syam menulis:
"Pola pikir adalah produk dari pengulangan. Apa yang Anda alami sebagai kumpulan dari pola pikir, tak lain dan tak bukan adalah pola persimpangan sinapsis yang kuat dan diwaranai oleh banyaknya neurotransmitter. Jika Anda ingin mengubah cara anda berpikir, Anda hanya tinggal memperlemah persimpangan sinapsis yang lama dan memperkuat sinapsis yang baru."
'Ala kulli hal, apabila Anda ingin berubah, "pilihlah kacamata baru untuk melihat kenyataan dan mulailah untuk sering-sering menggunakannya!"
Yuk, Bagikan!

+ komentar + 2 komentar

18 Oktober 2012 pukul 11.46

siapa diri anda hari ini adalah tiada lain tiada bukan sebuah persiapan anda hari kemarin begitu juga siapa diri anda dimasa depan adalh sebuah persiapan yang anda lakukan hari ini

18 Oktober 2012 pukul 11.48

www.armabatubra.blog.com

Posting Komentar

Sebagai ungkapan silaturahim, berikan komentar Anda!

 
Copyright © 2014. Qalamedia Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger